Tagged Under:

Abu Nawas: Menjebak Pencuri

By: LUCUNYA On: 3:28 AM
  • Share The Gag
  • Abu Nawas: Menjebak Pencuri

    Di negri Baghdat banyak terjadi pencurian yang meresahkan, tak terkecuali saudagar kaya yang sering kehilangan kepingan emasnya. Tanpa pikir panjang sang saudagar mengadukan kepada Abu Nawas yang cerdik agar pencuri yang telah sekian lama meresahkan ini segera ditangkap. Abu Nawas meminta waktu 1 hari untuk berfikir bagaimana caranya menemukan si pencuri tersebut. Keesokan harinya dia meminta seluruh penduduk negri ini dikumpulkan dan Abu Nawas membagikan tongkat kepada mereka satu-satu dan berkata:

    "Tongkat ini aku berikan kepada anda semua ini telah aku berikan mantra, besuk pagi tongkat yang dimiliki pencuri akan bertambah panjangnya 1 jari telunjuk"

    Kembalilah warga negri kerumah masing-masing. Pada malam harinya, pencuri tampak resah dengan tongkat yang diberikan kepadanya takut kalau besuk pagi tongkatnya bertambah panjang maka ia pun memotong tongkat yang diberikan Abu Nawas sepanjang 1 jari telunjuk dan berharap tongkatnya yang berubah panjangnya kembali seperti sedia kala.

    Tibalah saatnya para warga mengumpulkan tongkatnya satu persatu tibalah kepada pencuri untuk mengumpulkan tongkat. Setelah diukur ternyata tongkat pencuri lebih pendek 1 jari telunjuk dan akhirnya ditemukan si pencuri itu dengan kecerdikan Abu Nawas.

    Abu Nawaspun mendapatkan hadiah yang besar, tetapi hadiahnya itu diberikan kepada keluarga pencuri dan rakyat miskin.

    0 komentar:

    Post a Comment